MERANCANG DAN MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN BERDIFRENSIASI
WORKSHOP PENINGKATAN KETERAMPILAN MERANCANG DAN MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN BERDIFRENSIASI
PGRI CABANG KECAMATAN TANJUNGBUMI
SMPN 1 Tanjungbumi, Sabtu 7 Oktober 2023
A.
Nama
Kegiatan
Workshop Peningkatan Keterampilan Merancang dan Mengimplementasi-kan
Pembelajaran Berdifrensiasi yang diselenggarakan oleh PGRI Cabang Kecamatan
Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan.
B. Latar Belakang
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20
Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional Pasal 41 ayat (3)
mengamanatkan pemerintah pusat
dan daerah wajib
memfasilitasi satuan pendidikan
dengan pendidik
dan tenaga kependidikan yang diperlukan untuk
menjamin terselenggaranya pendidikan
yang bermutu.
Pendidikan yang bermutu adalah pendidikan yang berfungsi untuk
menyiapkan peserta didik agar dapat menghadapi tantangan perubahan dalam kehidupan lokal,
nasional, dan global melalui pembelajaran aktif,
inovatif, kreatif, dan
menyenangkan. Oleh karena
itu, pendidikan perlu
dikembangkan secara berkelanjutan
sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Guru
sebagai salah satu
sub sistem dari
sistem pendidikan nasional
memiliki peran strategis
dalam mempersiapkan peserta didik menjadi anak
Indonesia yang pintar, trampil, dan berkarakter. Kewajiban guru sesuai Peraturan
Pemerintah Nomor 74
Tahun 2008 tentang
Guru Pasal 52
ayat (2) mencakup
kegiatan pokok yaitu merencanakan
pembelajaran, melaksanakan pembelajaran,
menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih peserta
didik, serta melaksanakan tugas tambahan.
Untuk melaksanakan tugasnya secara
profesional, seorang guru tidak hanya memiliki kemampuan teknis edukatif,
tetapi juga harus memiliki kepribadian yang dapat diandalkan sehingga menjadi
sosok panutan bagi peserta didik, keluarga
maupun masyarakat. Selaras
dengan kebijakan pembangunan
yang meletakkan pengembangan
sumber daya manusia (SDM) sebagai prioritas pembangunan nasional, maka
kedudukan dan peran guru semakin bermakna strategis dalam mempersiapkan SDM
yang berkualitas dalam menghadapi era global.
Kualitas guru
sangat menentukan keberhasilan dalam proses transformasi pendidikan di
Indonesia. Dalam implementasi di lapangan pembelajaran yang berpihak kepada
anak menjadi landasan utama dalam tataran praktisnya. Berpihak kepada anak dapat
dilakukan dengan pembelajaran yang kreatif, inovatif, menyenangkan, memperhatikan
keragaman dan keunikan anak dengan segala kompleksitasnya, serta hal yang utama
adalah sesuai dengan minat dan kebutuhan anak sesuai dengan kodrat dan
zamannya.
Seorang guru harus memiliki kompetensi
mengenai cara-cara melakukan
pembelajaran yang kreatif,
inovatif, menarik dan
menyenangkan dalam rangka mencapai
kompetensi atau indikator
yang telah dirumuskan. Proses pembelajaran di sekolah
merupakan salah satu bagian yang terpenting dari pendidikan pada
semua jenjang
yang perlu ditingkatkan
mutunya secara terus
menerus. Dalam proses pembelajaran
peserta didik harus
memperoleh pengalaman belajar untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang dihadapi.
Hal ini penting
dilakukan semua pihak
khususnya guru dalam
upaya membentuk “insan
Indonesia cerdas, kompetitif, dan
berdaya saing tinggi”
untuk menghadapi persaingan global. Sejalan dengan
hal tersebut guru harus melakukan
berbagai kegiatan pengembangan
keprofesionalannya, di antaranya melalui
inovasi pembelajaran yang berpihak kepada anak. Untuk
mencapai proses pembelajaran
yang diinginkan seperti
tersebut di atas maka
kompetensi guru mutlak dimiliki oleh setiap guru.
Salah satu
elemen penting dalam program merdeka belajar dan kurikulum merdeka belajar
adalah program pembelajaran yang berpihak pada anak di antaranya adalah
pembelajaran yang berdifrensiasi. Anak hadir dengan potensi, minat, kemampuan,
dan kekhasannya masing-masing. Guru yang professional dan kompeten, harus
senantiasa menghadirkan berbagai implementasi pembelajaran yang mengakomodasi
keberagaman anak dalam setiap dimensi dan prosesnya. Pembelajaran berdifrensiasi
adalah bagian dari pembelajaran sebagai bentuk layanan pendidikan yang mengakomodasi
berbagai kebutuhan dan keragaman anak dengan didasarkan pada kesiapan belajar, profil
belajar, dan minat belajarnya.
Guru yang memahami bahwa pendekatan
belajar mengajar harus sesuai dengan kebutuhan murid, akan mencari setiap
kesempatan untuk mengenal murid mereka dengan lebih baik. Mereka melihat perkembangan individu, dinamika kelompok, assessment, analisis kebutuhan, observasi,
treatment, dan
penilaian formal sebagai cara untuk terus mendapatkan wawasan tentang apa yang
paling berhasil untuk setiap muridnya. Apa yang mereka pelajari akan menjadi
katalis untuk
menyusun dan merancang pembelajaran dengan cara-cara yang membantu setiap murid
memaksimalkan potensi dan bakatnya.
Implementasi
pembelajaran berdifrensiasi memiliki keragaman yang berusaha untuk
memberikan pengalaman belajar secara
tepat dan menantang
sesuai dengan profil belajar
dan berbasis pada konten, proses, dan produk.
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan perpaduan dari pembelajaran seluruh
kelas, kelompok,
dan individual. Seluruh
dimensi inilah yang kemudian hadir dengan segala perbedaan, karakteristik, dan
keberagamannya dalam individu, kelompok, dan kesatuan kelas.
Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran,
khususnya dalam merancang dan mengimplementasikan pembelajaran berdifrensiasi, guru-guru di
lingkungan Kecamatan Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan diperlukan ajang untuk mengasah dan mengembangkan kemampuan
melalui Workshop Merancang dan
Mengimplementasikan Pembelajaran Berdifrensiasi. Hal ini dipandang
perlu untuk menumbuhkan dan mengasah
inovasi dan kreativitas guru dalam pembelajaran di kelas, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam Implementasi
Kurikulum Merdeka, yang bermuara pada peningkatan
kualitas siswa secara keseluruhan.
C. Tujuan Kegiatan
Tuntutan Kurikulum Merdeka Belajar adalah mengimplementasikan
pembelajaran yang berpihak kepada siswa, sesuai dengan potensi dan
karakteristiknya untuk berkembang secara optimal. Salah satunya adalah dengan mengimplementasikan
pembelajaran berdifrensiasi. Tujuan Workshop
Peningkatan Keterampilan Merancang dan Mengimplementasikan Pembelajaran
Berdifrensiasi adalah sebagai berikut.
1. Meningkatkan
pemahaman guru tentang hakikat
dan konsep pembelajaran berdifrensiasi.
2. Meningkatkan
keterampilan guru dalam
melakukan pemetaan siswa dengan segala difrensiasinya.
3. Meningkatkan
keterampilan guru dalam
memahami difrensiasi berdasarkan konten, proses, dan produk dalam perspektif
profil belajar dan minat siswa.
4. Meningkatkan
keterampilan guru dalam merancang
RPP dan mengimplementasikan pembelajaran berdifrensiasi.
5. Sebagai
bentuk pengembangan diri guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran dalam kerangka
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.
D. Sasaran Kegiatan
Sasaran kegiatan Workshop Peningkatan Keterampilan Merancang dan
Mengimplementasikan Pembelajaran Berdifrensiasi
dilakukan dengan pola 32 jam dengan kegiatan in
dan on
service training adalah sebagai berikut.
1.
Guru
di lingkungan Kecamatan
Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan
sekaligus anggota PGRI Kecamatan Tanjungbumi.
E. Materi Kegiatan
Materi dan metode Workshop Peningkatan Keterampilan Merancang dan Mengimplementasikan Pembelajaran
Berdifrensiasi merupakan
sebuah upaya pembaharuan
terhadap berbagai komponen
yang diperlukan dalam
penyampaian materi kegiatan dan
mampu memecahkan masalah
dalam implementasinya,
serta memiliki dampak positif dan
manfaat berkelanjutan. Materi kegiatan Workshop Peningkatan Keterampilan Merancang dan
Mengimplementasikan Pembelajaran Berdifrensiasi
dilakukan dengan pola 32
jam dengan kegiatan in
dan on
service training.
Ruang
lingkup kegiatan workshop berisi tentang
hakikat dan konsep
pembelajaran berdifrensiasi, pemetaan siswa dengan segala difrensiasinya.
difrensiasi berdasarkan konten, proses, dan produk dalam perspektif profil
belajar dan minat siswa, serta merancang RPP dan mengimplementasikan
pembelajaran berdifrensiasi. Adapun materi kegiatan
workshop dideskripsikan sebagai berikut.
Tabel 1
Materi Workshop Peningkatan Keterampilan Merancang dan Mengimplementasikan Pembelajaran
Berdifrensiasi
No. |
Materi Workshop |
Jumlah Jam |
Keterangan |
1. |
Kebijakan
Peningkatan Kualitas Guru |
2 JP |
In Service |
2. |
Hakikat Pembelajaran Berdifrensiasi |
2
JP |
In Service |
3. |
Pemetaan Siswa dalam Pembelajaran Berdifrensiasi |
3
JP |
In Service |
4. |
Difrensiasi Berdasarkan Konten, Proses, dan Produk |
6 JP |
In Service |
5. |
Best
Practice Pembelajaran Berdifrensiasi |
3
JP |
In Service |
6. |
Merancang RPP Berdifrensiasi |
6
JP |
In Service |
7. |
Implementasi Pembelajaran Berdifrensiasi |
8 JP |
On Service |
8. |
Rencana
Tindak Lanjut |
2 JP |
In Service |
Jumlah |
32
JP |
|
Metode kegiatan diarahkan dengan metode
diskusi membahas permasalahan yang berhubungan dengan difrensiasi, Best Practice pembelajaran berdifrensiasi, sharing pengalaman, problem solving untuk mengatasi berbagai permasalahan dan
kendala-kendala yang ditemukan, merancang dan membuat RPP serta mengimplementasikan difrensiasi sesuai
dengan kelas dan mata pelajaran yang diampu.
Tabel 2
Roundown Acara Workshop Peningkatan
Keterampilan Merancang dan Mengimplementasikan Pembelajaran Berdifrensiasi
No. |
Acara |
Pengisi/Penanggungjawab |
Keterangan |
1. |
Pembukaan |
Pembawa Acara |
|
2. |
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya |
Sunarsih, SE, M.Pd |
|
3. |
Sambutan Ketua PGRI Cabang Tanjungbumi |
Achmad Muzammil, M.Pd |
|
4. |
Doa/Penutup |
Abdurrahim Shaleh, S.Pd |
|
5. |
Sessi Inti Kebijakan
Peningkatan Kualitas Guru Sekaligus
Membuka Kegiatan |
H. Moh. Said |
|
6. |
Hakikat Pembelajaran Berdifrensiasi |
Taufik Albar |
|
7. |
Pemetaan Siswa dalam Pembelajaran Berdifrensiasi |
Taufik Albar |
|
8. |
Difrensiasi Berdasarkan Profil dan Minat Belajar |
Rahayu Priyatin |
|
9. |
Difrensiasi Berdasarkan Konten, Proses, dan Produk |
Rahayu Priyatin |
|
10. |
Best Practice Pembelajaran Berdifrensiasi |
Taufik Albar |
|
11. |
Merancang RPP Berdifrensiasi |
Taufik Albar |
|
12. |
Implementasi Pembelajaran Berdifrensiasi |
Rahayu Priyatin |
|
13. |
Rencana
Tindak Lanjut |
Muhaimin |
|
F. Narasumber Kegiatan
Narasumber kegiatan Workshop Peningkatan Keterampilan Merancang dan
Mengimplementasikan Pembelajaran Berdifrensiasi
adalah narasumber yang kompeten dalam
bidang pembelajaran, khususnya praktik difrensiasi. Dalam
hal ini adalah guru dan tenaga
kependidikan berprestasi. Adapun rencana
nasrasumber dalam kegiatan Workshop Peningkatan Keterampilan Merancang dan
Mengimplementasikan Pembelajaran Berdifrensiasi adalah
sebagai berikut.
Tabel 3
NarasumberWorkshop Peningkatan Keterampilan Merancang dan
Mengimplementasikan Pembelajaran Berdifrensiasi
No |
Narasumber |
Materi |
1. |
Taufik Albar Fasilitator Guru
Penggerak |
6, 7, 10, 11 |
2. |
Rahayu Priyatin Fasilitator Guru
Penggerak |
8, 9, 12 |
Daftar Peserta :
NO |
NAMA |
INSTANSI |
1 |
WULAN SEPTYA NINGRUM, S.Pd |
UPTD SDN PASESEH 1 |
2 |
RAHMAWATI, S.Pd. SD |
UPTD SDN
TANJUNG BUMI 1 |
3 |
NURUL KOMARIAH, S.Pd SD |
UPTD SDN
TANJUNG BUMI 3 |
4 |
SITI NURJANA, S.Pd |
UPTD SDN
TANJUNG BUMI 3 |
5 |
ROFIAH YULIANTI, S.Pd |
UPTD SDN
TANJUNG BUMI 3 |
6 |
IMAM WAHYUDI, S.Pd |
UPTD SDN
TANJUNG BUMI 4 |
7 |
AHMAD BAIDA'I, S.Pd. |
UPTD SDN
TANJUNG BUMI 4 |
8 |
ZAHROH, S.Pd. |
UPTD SDN TELAGABIRU 1 |
9 |
DIAH NOVIANTI, S.Pd.
SD |
UPTD SDN TELAGABIRU 2 |
10 |
CHOLILAH, S.Ag. |
UPTD SDN TELAGABIRU 2 |
11 |
ASMADI BAHARUDIN, S.Pd.
SD |
UPTD SDN TAGUNGGUH 1 |
12 |
YUNITA ARISWATI,S.Pd |
UPTD SDN TAGUNGGUH 2 |
13 |
HIDAYATUS SOFIYAH, S.Pd. |
UPTD SDN TAGUNGGUH 3 |
14 |
SHERLY NUR ALVIATIEN, S.Pd. |
UPTD SDN BUMIANYAR 1 |
15 |
AZIZAH, S.Si |
UPTD SDN BUMIANYAR 2 |
16 |
AKHMAD WARDI, S.Pd. |
UPTD SDN
LARANGAN TIMUR 2 |
17 |
DITTA SUKMAWATI, S.Pd. |
UPTD SDN
LARANGAN TIMUR 4 |
18 |
SITI AISA, S.Pd.
SD |
UPTD SDN MACAJAH 3 |
19 |
SUUD ABDURRAHMAN, S.Pd. |
UPTD SDN
TLANGOH |
20 |
SULYADI, S.Pd. |
UPTD SDN BANYUSANGKA 1 |
21 |
SLAMET ASUKUR, S.Pd |
UPTD SDN BUNGKENG 2 |
22 |
SRI ERMILININGSIH, S.Pd. |
UPTD SDN
BANDANG DAJAH 3 |
23 |
MUJIB, S.Pd.I |
UPTD SDN AENG TABAR
1 |
24 |
ROFIQOH |
UPTD SDN AENGTABER 1 |
25 |
UMRIYAH, S.Pd. |
UPTD SDN PLANGGIRAN 2 |
26 |
SITI RUMYAH, S. Pd |
UPTD SMPN
1 TANJUNG BUMI |
27 |
ZAIMAH, S.Pd |
UPTD SMPN
1 TANJUNG BUMI |
28 |
SUAIDAH, S.Pd. |
UPTD SMPN
1 TANJUNG BUMI |
29 |
MUSYARROFAH, S.Pd. |
UPTD SMPN
1 TANJUNG BUMI |
30 |
HERMINNINGSIH |
UPTD SMPN
1 TANJUNG BUMI |
31 |
GUNAWAN SETIAWAN, S.Pd. |
SMAN 1 TANJUNG BUMI |
32 |
RUBAIAH, SE, S.Pd |
SMAN 1 TANJUNG BUMI |
33 |
DEWI SEPTI WARDANI, S.Pd, Gr. |
SMAN 1 TANJUNG BUMI |
34 |
HERAWATI, S.Pd. |
SMAN 1 TANJUNG BUMI |
35 |
FATHORRAHMAN, S.Pd |
SMAN 1 TANJUNG BUMI |
36 |
FERY PINDA SAGI,
S.Pd. |
SMKN 1 TANJUNG BUMI |
37 |
DIDIK SUPARYANTO, S.Pd |
SMKN 1 TANJUNG BUMI |
38 |
NOVA SAFARIA, S.Pd |
MTS SAIFUL ULUM TANJUNG
BUMI |
39 |
JATIMAH ANDRIANI SULASTRI, M.P |
MTS SAIFUL ULUM TANJUNG
BUMI |
40 |
HERMAN, S.Pd. SD |
UPTD SDN
LARANGAN TIMUR 1 |
41 |
RINA KURNIAWATI, S.Pd. |
UPTD SDN TAGUNGGUH 4 |
42 |
IMAM WAHYUDI, A.Ma. |
UPTD SDN
BANDANG DAJAH 1 |
43 |
SITI HUMAIROH, S.Pd |
UPTD SDN MACAJAH 1 |
44 |
KARIMATUL FITRIANA, S.Pd. |
UPTD SMPN
3 TANJUNG BUMI
SATAP |
45 |
SATROLI, S.Pd. |
UPTD SDN MACAJAH 2 |
46 |
ZAINABUL KHOMARIYAH, S.Pd. |
UPTD SDN BUNGKENG 1 |
47 |
FITRI SUBAIDI, S.Pd. |
UPTD SMPN
3 TANJUNG BUMI |
48 |
HORIDATUS SAADAH, S.Sos |
MTS. SAIFUL
ULUM TANJUNG BUMI |
49 |
SUWARNI SISWO HARJATI, S.Pd. |
UPTD SDN PLANGGIRAN 1 |
50 |
ERNI SUJIEM, S.Pd. |
UPTD SDN PLANGGIRAN 1 |
51 |
LUDFIYAH, S.Pd. |
SMAN 1 TANJUNG BUMI |
52 |
MURNIASIH, S.Pd. |
SMAN 1 TANJUNG BUMI |
53 |
MARYANI MAY PUTRI,
S.E |
UPTD SMPN
2 TANJUNGBUMI |
54 |
YAYAN SUKMA ADINATA, S.Pd. |
UPTD SMPN
2 TANJUNGBUMI |
55 |
ACHMAD MUZAMMIL, S.Pd.,
M.Pd |
SMAN 1 TANJUNG BUMI |
56 |
MUHAMMAD SIHAR, S.Pd |
LARANGAN TIMUR
4 |
57 |
SUNAINAH, S.Pd. |
UPTD SMPN
1 TANJUNG BUMI |
58 |
ABDUL WAHED, M.Pd. |
SMAN 1 TANJUNG BUMI |
59 |
ARI SUTARTI, S.Pd. |
UPTD
SDN MACAJAH 3 |
60 |
PAIJAN, S.PD.. |
UPTD
SDN MACAJAH 1 |
61 |
DR. AHMAD SABARUDIN, M.M.Pd. |
UPTD SMPN
1 TANJUNG BUMI |
62 |
SUNARSIH, SE. |
SMAN 1 TANJUNG BUMI |
63 |
SELAMET HARIYANTO, M.Pd |
SMAN 1 TANJUNG BUMI |
64 |
DR. MUHAIMIN, M.Pd. |
UPTD SDN AENGTABAR 1 |
65 |
HARYAWATI, S.Pd. SD |
UPTD
SDN MACAJAH 3 |
66 |
PEVI DAMAYANTI, S.Pd.
SD. |
UPTD SDN
BANDANG DAJAH 2 |
67 |
DIAN FAIZAH, M.M.Pd |
UPTD SDN TAGUNGGUH 2 |
68 |
MUHARRAH, S.Pd. SD |
UPTD SDN TELAGABIRU 1 |
69 |
MASYHUDI RIAMAN, M.Pd.I. |
UPTD SMPN
2 TANJUNG BUMI |
70 |
FAJARIYAH EKA SUSILAWATI, S.Pd. |
UPTD SDN
LARANGAN TIMUR 2 |
Tanjungbumi, 30 September
2023
Ketua Cabang PGRI Tanjungbumi Ketua Panitia
TTD TTD
ACHMAD MUZAMMIL,
M.Pd Dr. H. A. SABARUDDIN, M.M.Pd
Komentar
Posting Komentar